Rabu, 23 Mei 2012

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (Urinary Tract Infection / UTI) atau pyelonephritis adalah infeksi yang terjadi di saluran kemih akibat bakteri seperti bakteri E. Coli. Apabila dibiarkan terus menerus maka infeksi ini dapat menyebar ke ginjal dan mengakibatkan komplikasi seperti penyakit gagal ginjal.

Pada dasarnya saluran kemih manusia terdiri dari beberapa komponen penting:
  1. Ginjal, organ tubuh yang berfungsi untuk membersihkan darah dari kotoran sehingga menjadi urin, yang kemudian harus dibuang dari tubuh manusia. Seorang manusia normal memiliki dua buah ginjal di dalam tubuhnya.
  2. Ureter, saluran antara ginjal dengan kandung kemih
  3. Kandung kemih, organ tubuh yang berfungsi untuk menampung hasil urin dari ginjal sebelum dibuang melalui uretra
  4. Uretra, saluran antara kandung kemih menuju pembuangan air seni
 Ada beberapa kemungkinan terjadinya penyakit ini:
1.      Kekebalan tubuh yang lemah
Akibat kekebalan tubuh yang lemah maka infeksi bakteri dapat masuk melalui kulit ke dalam darah yang pada akhirnya menginfeksi ginjal.
2.      Pemakaian alat kateter
Alat kateter yang dipakai untuk pembuangan urin, memiliki resiko kontaminasi bakteri yang pada akhirnya menyebabkan infeksi saluran kencing.
3.      Kebiasaan buruk
Kebiasaan melap tisu dari bagian anus ke depan pada wanita, dapat menyebabkan bakteri E. Coli memasuki saluran kencing melalui vagina.

Beberapa tanda-tanda penderita infeksi saluran kemih:
-          Mengeluarkan urin dengan warna yang tidak jernih
-          Mengeluarkan urin yang mengandung darah
-          Merasa sakit ketika berkemih
-          Mengeluarkan urin yang berbau
-          Rasa nyeri di bagian bawah abdomen
-          Terlalu sering mengeluarkan urin (anyang-anyangan)

Pengobatan Herbal Alami
 Tanaman Kumis Kucing memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus, merupakan tanaman yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Berdasarkan pembuktian yang bersifat empiris, tanaman kumis kucing memiliki sifat diuretik, yang dapat melancarkan pembuangan air seni, dan anti radang/inflamasi. Saat ini Kumis Kucing telah tersedia dalam bentuk kapsul yang dikemas oleh PT Liza Herbal Internasional. Selain itu juga terdapat produk kapsul campuran yang terdiri dari tanaman herbal pegagan, sambiloto dan kumis kucing, dengan nama Lhiforgin. Kedua jenis produk ini bermanfaat untuk proses penyembuhan dan pencegahan infeksi saluran kemih.
Cara Konsumsi:
-          Pengobatan : 2 kapsul sehari sesudah makan
-          Pencegahan : 1 kapsul sehari sesudah makan